BAHASA INGGRIS KELAS VIID PERTEMUAN KE 9 (1 OKTOBER 2020)

 


Assalamu’alaikum wr wb

Good morning students, how are you?

Selamat bertemu lagi di kelas online Bahasa Inggris😊

 Hari ini kita akan membahas tentang “family tree” atau Pohon Keluarga

Secara umum pohon keluarga dibagi dalam 2 jenis berdasarkan anggotanya. Pertama, keluarga inti (nuclear family) dan keluarga besar (extended family).

 

NUCLEAR FAMILY

Mother / Mom/ Mommy         : Ibu

Father / Dad/ Daddy               : Ayah

Husband                                  : Suami

Wife                                        : Istri

Child                                        : Anak

Children                                   : Anak- anak

Son                                            : Anak laki laki

Daughter                                    :Anak Peremupan

Sibligs                                        : Saudara Kandung

Sister                                          : Saudara Perempuan

Older sister                                 : Kakak Perempuan

Younger sister                           : Adik Perempuan

Brother                                      : saudara Laki laki

Older Brother                            : Kakak laki- laki

Younger Brother                        : Adik laki – laki

 

EXTENDED FAMILY

Grandparents                                        : Kakek dan nenek

Grandmother/Granma/Granny             : Nenek

Grandfather/ Granpa/Grandad             : Kakek

Relatuives                                             : Saudara

Uncle                                                    : Paman/ Om

Aunt                                                      : Bibi/ Tante

Cousin                                                  : Sepupu

Nephew                                                : Keponakan laki- laki

Niece                                                    : Keponakan Perempuan


Tonton dan amati video berikut!

https://youtu.be/NR0kI4tsWx4

 

Example of Family tree (Keluarga LEE)



Dari “family tree” diatas diperoleh:

Mr Lee                 = Mrs. Anita’s Husband (Suaminya Ibu Anita)

Mr Lee                 = Mr Aan’s and Mr. Edward father (Ayahnya Bapak Aan dan Bapak Edward)

Mrs  Anita           = Mr Aan’s and Mr Edward’s Mother( Ibunya Bapak Aan dan Bapak Edward)

Nur                        = Mr Erward’s daughter (Anak perempuannya Bapak Edward)

Rama                     = Mr Edward’s Son (Anak laki –lakinya Bapak Edward)

Faruq                    = Nur’s cousin (Faruq adalah sepupunya Nur)

Dst


Perhatikan contoh berikut!



Nama saya Devi.

Bapak Heru dan Ibu Susi adalah orang tua saya.

Bapak heru adalah Ayah saya dan Ibu Susi adalah ibu saya.

Yanuar dan saya adalah anak-anak mereka.

Yanuar adalah saudara laki- laki saya, jadi saya adalah saudara perempuannya.

Bapak Hendra dan Ibu Liana adalah adalah orang tuanya ibu saya.

Itu artinya Bapak Hendra adalah kakek saya dan Ibu Liana adalah nenek saya.

Bapak Juwanto dan Ibu Rani juga kakek nenek saya.

Ibu saya mempunyai seorang saudara perempuan, namanya Zulaikah.

Ibu Zulaikah adalah bibi saya, jadi saya adalah keponakan perempuannya dan Yanuar adalah keponakan laki-lakinya.

Bapak Ardiansyah adalah suaminya.

Itu artinya dia adalah paman saya.

Irawan adalah anak laki –lakinya Ibu Zulaikah.

Jadi, dia adalah sepupu saya.

 

NOTE : mother’s parents= orang tuanya ibu saya

                Zulaikah’s son= Anak laki- lakinya Zulaikah

 

Tugas kalian :

1. Baca dan fahami materi diatas, jangan lupa tonton videonya dan perhatikan baik - baik

2. Buat ringkasan materi di atas, catat di buku catatan kalian

3. Buat / Gambar Family Tree tentang keluarga Devi diatas, gambar di kertas HVS, Folio              bergaris/ Buku gambar/ Buku biasa, kemudian kirim ke link berikut 

  https://forms.gle/tFYMb9iNvEYGNyY36

 Kalau ada yang ingin ditanyakan, chat pribadi ibu ya

  

Demikian kelas online kita hari ini, semoga kita dapat memahaminya, Minggu depan Insya Allah kita akan ulangan bab 2, kalian persiapkan baik- baik ya

 

Terima kasih atas perhatiannya, see you next week and Wassalamu’alaikum wr wb

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADJECTIVES (Bahasa Inggris kelas 7D Pertemuan ke 2)

1st Chapter : My Mother is Beautiful and Wise (Bahasa inggris kelas 7D Pert ke 1)

BAHASA INGGRIS KELAS VIII pertemuan I